Monday, August 13, 2012

Sistem Klaim Asuransi Kesehatan

Sistem Klaim Asuransi KesehatanSalah satu hal yang harus kita perhatikan saat hendak membeli polis asuransi kesehatan adalah mengenai sistem pembayaran klaim dari perusahaan asuransi tersebut agar bisa diperoleh jaminan asuransi kesehatan sesuai dengan yang kita butuhkan. Pada umumnya terdapat tiga macam sistem Klaim Asuransi yaitu Reimburse, Cashless dan Santunan.

 

Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan dengan Sistem Klaim Reimburse artinya adalah nasabah asuransi kesehatan diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu semua biaya medis yang dikeluarkan, yang baru kemudian ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran dari rumah sakit.

 

Lain halnya dengan sistem klaim Asuransi cashless dimana para nasabah asuransi kesehatan cukup dengan menunjukkan kartu peserta asuransi tersebut ke rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi dimana anda menjadi nasabahnya, untuk selanjutnya kasir pada rumah sakit tersebut akan menghubungi perusahaan asuransi yang bersangkutan, biasanya premi asuransi dengan sistem cashless sedikit agak lebih mahal dari sistem reimburse.

 

Sedangkan dengan sistem klaim santunan, perusahaan asuransi akan memberikan santunan harian selama dirawat di rumah sakit, contoh dari sistem santunan ini adalah misalnya anda membeli polis asuransi kesehatan dengan satunan harian Rp 200.000, maka bila anda dirawat selama 5 hari, anda akan memperoleh santunan sebesar Rp 200.000 x 5 hari = Rp 1000.000, tanpa melihat jumlah tagihan rumah sakit yang telah anda keluarkan.

Jadi, penting bagi kita untuk mencari tahu secara mendetail tentang produk asuransi yang hendak kita beli terutama mengenai sistem klaim asuransi nya, agar asuransi kesehatan yang kita beli mampu memberikan manfaat yang optimal sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita.

3 comments: