Monday, April 9, 2012

Tabungan Dengan Manfaat Asuransi Jiwa

Tabungan Dengan Manfaat Asuransi Jiwa - Untuk memenuhi kebutuhannya dimasa yang akan datang, sebagian besar orang melakukannya dengan menabung. Dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung. Kebutuhan masa depan itu  misalnya untuk untuk biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, modal usaha, membeli mobil baru, maupun untuk persiapan hari tua, atau terkadang juga untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.  Misalnya ada anggota keluarga yang sakit parah sehingga membutuhkan biaya yang besar.

Sering kita temukan banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa menabung lebih baik dari pada membeli produk asuransi, bahkan mungkin termasuk kita,  akan tetapi apakah kita sudah menyadari bahwa dengan memiliki Tabungan Investasi di asuransi jiwa kita akan memperoleh keuntungan finansial yang lebih bila dibandingkan dengan menabung dibank (konvensional) dan rencana-rencana masa depan kita akan  mudah tercapai? Untuk membuktikan hal tersebut mari kita lihat melalui illustrasi perbandingan dibawah ini:

Contoh :
Pak Heru saat ini berusia 29 tahun dan mempunyai satu orang putra yang berusia 3 tahun, beliau memiliki rencana bahwa 15 tahun kemudian berharap mempunyai cukup dana sebesar 180 juta , untuk memasukkan anaknya ke bangku kuliah. Untuk mewujudkan rencananya ini pak heru menabung perbulannya 1 juta, lalu apakah yang akan terjadi bila seandainya pak Heru mengalami kecelakaan yang mengakibatkan beliau cacat atau meninggal dunia pada tahun ke 4 sebelum target tabungannya tercapai?

•    Menabung di Bank ( konvensional)
Begitu pak Heru meninggal maka produk tabungan akan berahkir dan ahli waris akan menerima tabungan sesuai dengan jumlah yang ditabung oleh pak heru , bila pak Heru meninggal saat usia tabungannya yang ke – 4 tahun maka ahli warisnya hanya akan menerima 48 juta ditambah dengan bunga bank. Apabila pak heru tidak meninggal tapi mengalami cacat tetap, beliau sebagai tulang punggung keluarga tidak bisa meneruskan untuk menabung karena kesulitan mencari nafkah, bahkan dana yang sudah terkumpul yang sedianya untuk keperluan pendidikan anak terancam terpakai untuk keperluan lain yang lebih mendesak, karena menabung dibank kita bisa ambil dana tunai sewaktu-waktu. Lalu bagaimana dengan rencana untuk mengkuliahkan anaknya? Tentu akan sulit sekali hal itu bisa tercapai.


•    Menabung dan berinvestasi pada perusahaan Asuransi Jiwa
Pada saat pak Heru meninggal dunia ahli waris akan mendapatkan jaminan penuh sejumlah dana yang tercantum pada polis asuransi jiwa. Apabila pak heru menderita cacat tetap karena kecelakaan, maka tabungannya sebesar 1 juta perbulan yang seharusnya menjadi tanggung jawab pak Heru akan dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi jiwa sampai masa kontraknya berakhir seperti yang tercantum dalam polis asuransi. Apabila beliau meninggal dunia maka ahli warisnya akan tetap menerima uang pertanggungan sesuai dengan kontrak didalam polis asuransi. Misalnya sebesar 180 juta ( padahal jumlah tabungan pak Heru baru 48 juta selama 4 tahun) jadi dengan illustrasi diatas jelas bahwa cita-cita pak Heru untuk mengkuliahkan anaknya akan lebih mudah tercapai dengan bantuan asuransi.

Dari contoh illustrasi diatas, bisa kita simpulkan bahwa tabungan investasi di asuransi jiwa memberikan manfaat proteksi yang lebih baik terhadap nilai uang anda untuk jangka panjang, dan memberikan kepastian jaminan untuk pencapaian rencana masa depan, disamping itu asuransi jiwa juga memberikan anda rasa aman dan bebas dari perasaan khawatir apabila terjadi hal - hal yang tak terduga.

1 comment: